Wednesday, January 20, 2016

PENGERTIAN SPOT IKLAN DAN MENENTUKAN SPOT IKLAN



Spot iklan adalah titik penempatan iklan di Website yang disiarkan sesuai dengan permintaan dari klien dengan frekuensi penayangan sebanyak 10x/hari. Durasinya adalah 30-60 detik, dan harganya Rp.150.000,-/spot. Menentukan spot iklan di tenentuan biaya iklan menggunakan sistem yang bersifat tetap, berapapun jumlah page view per bulan tidak mempengaruhi besarnya biaya iklan pada blog kalian. Spot ini memang khusus digunakan untuk tempat iklan saja.

Biasanya para pengiklan memiliki standar ukuran sendiri untuk iklan yang akan mereka pasang.
Para blogger banyak yang memasang iklan di blog untuk mendapatkan penghasilan. Tarif dari iklan yang dipasang di blog mereka bervariasi sesuai keinginan blogger.
Blog dengan jumlah pengunjung tinggi dan rating bagus biasanya menetapkan tarif yang mahal untuk iklan-iklan di blog mereka. Tarif ditetapkan perbulan dan harganya tetap meskipun blog mengalami kenaikan maupun penurunan rating.
Menentukan Spot Iklan

Untuk menentukan spot iklan kalian harus cermat karena posisi iklan dapat mengganggu kenyamanan para pengunjung blog juga. Usahakan spot iklan dapat terlihat dengan jelas tanpa mengganggu pengunjung blog Kalian.


1. Perhatikan Template Blog
Seperti yang Saya sampaikan tadi bahwa penempatan spot iklan jangan sampai mengganggu tampilan blog kalian agar pengunjung merasa nyaman mengunjungi website/blog kalian. Perhatikan template blog kalian juga agar bisa menyesuaikan dengan spot iklan tanpa merusak keindahan template blog kalian. Biasanya beberapa template sudah menyediakan spot iklan otomatis.

2. Perhatikan Iklan Yang Dipasang
Pilih iklan yang sesuai dengan konten blog kalian sehingga jadi semakin menarik. Biasanya iklan yang sesuai dengan postingan berasal dari Google Adsense sendiri.

3. Tata Letak Iklan
Biasanya ada blog dengan iklan menutupi postingan dan harus ditutup terlebih dahulu. Hal ini membuat pengunjung jadi terganggu dan merasa tidak nyaman karena iklan tersebut. Jadi usahakan tidak memasang iklan pop-up di tampilan awal blog kalian. Lebih baik letakkan di sidebar atau di bawah postingan blog kalian.

4. Perhatikan Kecepatan Loading Blog Kalian
Memasang iklan sebanyak mungkin memang menguntungkan. Tapi jika terlalu banyak iklan membuat loading blog Anda menjadi lemot dan akhirnya para pengunjung pasti malas dan lebih memilih blog lain yang loadingnya cepat dari blog kalian. Semakin banyak iklan maka semakin berat juga loading blog tersebut.



Lokasi Spot Iklan Terbaik Menurut Google Adsense

Google Adsense memiliki beberapa spot iklan terbaik diantaranya sebagai berikut :


1. Diatas Artikel
Lokasi ini sangat baik dan terbukti mendapatkan jumlah klik paling tinggi dibandingkan lokasi lainnya. Karena lokasi ini akan mendapat perhatian pengunjung pertama kali saat pengunjung mulai membaca artikel blog kalian. Hal ini memberikan peluang iklan tersebut diklik oleh pengunjung.

2. Ditengah Artikel
Lokasi tengah pada artikel kerap digunakan sebagai tempat iklan. Pengunjung blog juga tidak merasa terganggu karena iklan masih bisa discroll dan tidak menutupi tulisan. Iklan yang menarik akan membuat pengunjung mengklik iklan tersebut.

3. Dibawah Postingan
Lokasi ini cukup strategis karena setelah membaca artikel sampai selesai maka pengunjung akan menemui iklan dibawah artikel pada blog kalian. Dan apabila iklan tersebut memiliki penawaran menarik maka pengunjung tidak segan-segan mengklik iklan tersebut.

4. Di Sidebar
Sidebar selain menjadi tempat widget-widget blog bisa juga dimanfaatkan untuk spot iklan. Iklan yang berada di sidebar biasanya sangat potensial karena bisa menggunakan iklan berukuran besar.

Apabila beberapa hal diatas sudah kalian pikirkan. Maka kalian bisa memulai memasang spot iklan di blog kalian masing - masing. Karena keempat hal diatas sangat mendukung kemajuan iklan dan blog kalian. Kalian pasti sudah bisa memperkirakan spot iklan yang tepat untuk blog kalian.


Sekian yang saya jelaskan mengenai Spot Iklan, Semoga yang saya jelaskan kali ini bisa berguna bagi kalian semua :D

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment